Nama :
SURATMIN
NPM :
2A113146
Kelas :
2KB03
TUGAS INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP
DOCUMENTASI
Tinjauan
User mempunyai perbedaan
kebutuhan
User support seharusnya :
- Tersedia tetapi tidak mencolok
- Akurat dan kuat
- Konsisten dan fleksibel
Jenis-jenis user support :
- Command based methods
- Context-sensitive help
- Tutorial help
- On-line documentation
- Intelligent help
Merancang user support harus
memperhatikan :
- Presentasi
- Implementasi
Pendahuluan
Bantuan
dan dokumentasi merupakan kemudahan yang diberikan dalam kebanyakan sistem,
menjelaskan cara menggunakan sistem, dan membolehkan user untuk menegendalikan
sistem dengan lebih baik. Sistem user interface menyediakan bantuan walaupun
tidak harus disediakan. Anjungan Tunai Mandiri (ATM) merupakan salah satu dari
sebagian kecil sistem yang tidak mempunyai kemudahan tersebut.
Gambar Help dan Documentasinya
Ada
sebagian pendapat menyatakan bahwa system yang interaktif dijalankan tanpa
membutuhkan bantuan atau training. Hal ini mungkin ideal akan tetapi jauh dari
kenyataan. Pendekatan yang lebih membantu adalah dengan mengasumsikan bahwa
user akan membutuhkan bantuan pada suatu waktu dan merancang bantuan (help) ini
ke dalam system.
Ada empat jenis bantuan yang dibutuhkan user :
1. Quick reference
Digunakan sebagai pengingat untuk
user dari suatu yang detail yang secara dasar sangat familiar dan biasa
digunakan.
2. Task-specific help
Membantu user menghadapi masalah
atau tidak pasti mengambil tindakan dalam memecahkan masalah yang khusus
3. Full explanation
Suatu alat bantu atau perintah yang
dapat membantu memahami secara lengkap.
4. Tutorial
Khusus untuk user baru yang menyediakan
perintah secara step by step.
Kebutuhan dari user support
Kebutuhan dari user support
1. Availability
User dapat menggunakan bantuan pada
setiap waktu selama berinteraksi dengan system .
2. Accuracy dan completeness
Bantuan ini seharusnya menyediakan
kekakuratan dan kelengkapan system bantuan.
3. Consistency
Seperti diketahui bahwa user
membutuhkan jenis-jenis yang berbeda dari bantuan untuk digunakan pada kegunaan
yang berbeda. Hal ini dapat secara tidak langsung menyebabkan system bantuan
tidak dapat bekerja. Sistem bantuan menyediakan harus konsisten terhadap semua
system yang ada dan juga pada system itu sendiri.
4. Robustness
Sistem bantuan ini biasanya
digunakan oleh orang yang sedang dalam kesulitan karena system mempunyai
perilaku yang tidak dia harapkan atau mempunyai kesalahan. Hal ini sangat
penting dimana system bantuan seharusnya kuat baik dalam hal menangani
kesalahan dan perilaku yang tidak diharapkan.
5. Flexibility
System bantuan yang fleksibel akan
membuat setiap user dapat beinteraksi dalam mencari sesuatu yang sesuai
dibutuhkannya.
6. Unobtrusiveness
System ini seharusnya tidak mencegah
user dalam melanjutkan pekerjaannya.
Pendekatan-pendekatan user support
1. Command assistance
Mungkin pendekatan yang umum untuk
user support adalah menyediakan bantuan pada level command, user yang
membutuhkan bantuan pada command yang khusus dan ditampilkan pada layar bantuan
atau pada manual page yang menjelaskan tentang command tersebut. Contoh pada
UNIX manhelp dan DOS helpcommand.
2. Command prompts
Menyediakan bantuan ketika user
menemukan kesalahan yang sering terjadi dalam bentuk prompt perbaikan .
3. Context-sensitive help
Berbentuk menu based system yang
menyediakan bantuan pada menu option. Contoh spy editor help command dan
Macintosh ballon help.
4. On-line tutorial
Mengijinkan user bekerja melalui
aplikasi dasar dengan lingkungan percobaan. User dapat melihat kemajuan sesuai
dengan kecepatan dan dapat mengulangi bagian dari tutorial yang dia inginkan.
Kebanyakan on-line tutorial tidak mempunyai intelligent karena tidak mempunyai
pengetahuan tentang user dan pengalaman user sebelumnya.
5. On-line documentation
Membuat efektif dengan membuat dokumentasi tersedia di komputer.
Intelligent help system
Dioperasikan
untuk memonitoring aktivitas user dan mengkonstruksikan model sesuai dengan
user. Model ini termasuk pengalaman, preferences, kesalahan user atau kombinasi
dari semuanya.
- Knowledge representation : user modelling
- Quantification
Model yang sederhana dari user modelling yang menggunakan jumlah tingkatan dari keahlian yang akan merespon ke arah yang berbeda.
Contoh
Move from Level 1 to Level 2
If
The system has been used more than
twice (0.25)
Commands x and y have been used
effectively (0.20)
Help has not been accessed this
session (0.25)
The system has been used in the
last 5 days
- Stereotypes
Berbasiskan pada karakteristik user
dan kemungkinan sederhana seperti membuat perbedaan antara user baru dan user
yang ahli. Atau yang lebih kompleks seperti membuat stereotype yang berbasiskan
pada lebih dari satu informasi.
- Overlay models
Merupakan model yang ideal yang
membandingkan perilaku user. Hasilnya ditampilkan dalam dua model atau perbedaan.
Keuntungan dari model ini dapat melihat secara pasti bagian dari aktivitas
suatu system. Pendekatan yang sama digunakan pada error based model dimana
system menyimpan rekaman kesalahan dan perilaku sebenarnya dari user serta
membandingkannya
- Knowledge representation : domain and task
modelling
Pendekatan yang umum dari masalah
ini adalah untuk mewakili tugas user dari urutan
perintah yang tersedia untuk mengeksekusinya. Sebagaimana pada tugas user,
command digunakan untuk membandingkan urutan tugas yang telah disimpan dan
mencocokan dengan urutan tepat. Jika urutan command user tidak cocok maka
dibutuhkan bantuan. Pendekatan ini digunakan pada system PRIAM.
perintah yang tersedia untuk mengeksekusinya. Sebagaimana pada tugas user,
command digunakan untuk membandingkan urutan tugas yang telah disimpan dan
mencocokan dengan urutan tepat. Jika urutan command user tidak cocok maka
dibutuhkan bantuan. Pendekatan ini digunakan pada system PRIAM.
- Knowledge representation : modelling advisory
strategy
Sistem ini kadang disebut dengan
intelligent help yang membuat modelling advisory atau
strategi tutorial. Pada system ini tidak hanya membolehkan memilih nasehat yang cocok
untuk user tetapi juga menggunakan metode yang cocok.
strategi tutorial. Pada system ini tidak hanya membolehkan memilih nasehat yang cocok
untuk user tetapi juga menggunakan metode yang cocok.
- Teknik untuk knowledge representation
Terdapat empat group utama dari
teknik yang digunakan dalam knowledge
representation untuk intelligent help system :
representation untuk intelligent help system :
- Rule based techniques
Pengetahuan digunakan untuk
mewakili sekumpulan aturan dan kenyataan. Teknik ini
digunakan untuk domain yang relatif besar dan dapat mewakili kegiatan yang
menampilkan pengetahun.
digunakan untuk domain yang relatif besar dan dapat mewakili kegiatan yang
menampilkan pengetahun.
Contoh:
IF
Command is EDIT
file1
AND
Last command is
COMPILE file1
THEN
Task is DEBUG
action is
describe automatic debugger
- Frame based technique
Digunakan untuk mewakili situasi
yang umum terjadi. Frame merupakan suatu struktur yang berisi slot yang diberi
label yang mewakili cirri yang berhubungan.
Contoh :
User
Expertise level : novice
Command : EDIT file1
Last command : COMPILE FILE1
Errors this session : 6
Action : describe automatic
debugger
- Network based techniques
Mewakili pengetahuan tentang user
dan system yang merupakan hubungan antara kenyataan.
Contoh yang paling umum adalah
semantic network.
Network merupakan suatu hirarki dan
child dapat berhubungan dengan parent-nya Contoh compile yang dapat diperluas
dengan semantic network :
CC is an
instance of COMPILE
COMPILE is a
command
COMPILE is related
to DEBUG
COMPILE is
related to EDIT
Automatic
debugger facilitates DEBUG
- Example based technique
Mewakili pengetahuan yang secara
implicit dengan struktur keputusan dari suatu klasifikasi system.
Contoh :
EDIT file1
COMPILE file1
- Masalah dengan knowledge representation dan
modelling Pengetahuan mewakili suatu issue pusat dalam intelligent help system
tetapi tidak tanpa masalah itu sendiri. Pengetahuan kadang sulit didapatkan,
terutama jika ada domain yang expert tidak tersedia. Masalah lain adalah mengintepretasikan
informasi yang cocok.
Masalah lain
1. Inisiatif
Haruskah user mempertahankan
pengawasan yang lengkap terhadap system,
Haruskah system langsung
berinteraksi atau
Haruskan penggabungan dialog
didukung ?
2. Effect
Para perancang seharusnya
memperhatikan efek dari modelling dan adaptasi.
3. Scope
Para perancang perlu memperhatikan
scope dari bantuan dimana digunakan pada level aplikasi atau system yang luas.
- Merancang user support system
Terdapat banyak cara untuk
merancangnya dan semua itu diserahkan pada perancang
untuk memilih cara yang terbaik akan tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah :
untuk memilih cara yang terbaik akan tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah :
- Perancangannya seharusnya tidak seperti “add-on”
pada system. Secara ideal
seharusnya merupakan bagian integral dalam sistem
seharusnya merupakan bagian integral dalam sistem
- Perancang harus memperhatikan isi dari bantuan
dan konteks sebelum teknologi tersedia
- Masalah
presentasi
- How is
help requested ?
Pilihan pertama bagi perancang
untuk membuat bagaiman bantuan dapat diakses oleh
user.
user.
Terdapat beberapa pilihan. Bantuan
ini dapat berupa command, button fungsi yang dapat
memilih on atau off atau aplikasi yang terpisah.
memilih on atau off atau aplikasi yang terpisah.
- How is
help displayed ?
Bagaimana bantuan akan dapat
dilihat oleh user. Dalam system window mungkin
ditampilkan dalam window yang baru. Dalam system lain mungkin dalam layar yang
penuh atau bagian dari layar. Alternatif lain dapat berbentuk pop-up box atau tingkat
command line
ditampilkan dalam window yang baru. Dalam system lain mungkin dalam layar yang
penuh atau bagian dari layar. Alternatif lain dapat berbentuk pop-up box atau tingkat
command line
- Effective
presentation of help
Tidak menjadi masalah teknologi apa yang
digunakan untuk membuatnya akan tetapi
yang perlu diperhatikan dan menjadi suatu prinsip yakni keefektifan.
yang perlu diperhatikan dan menjadi suatu prinsip yakni keefektifan.
- Masalah
implementasi
- Para perancang harus membuat keputusan untuk
implementasi berupa secara fisik
maupun pilihan yang tersedia untuk user. Keputusan ini sudah termasuk dalam
pertanyaan command operating system, apakah berbentuk meta-command atau
applikasi? Hambatan fisik berupa screen space, kapasitas memori dan kecepatan.
maupun pilihan yang tersedia untuk user. Keputusan ini sudah termasuk dalam
pertanyaan command operating system, apakah berbentuk meta-command atau
applikasi? Hambatan fisik berupa screen space, kapasitas memori dan kecepatan.
- Masalah lain adalah bagaimana struktur data
bantuan : apakah berbentuk single file,
hierarchy file atau database ?
hierarchy file atau database ?
Sumber :
- Buku Interaksi Manusia dan Komputer oleh Sudarmawan S.T., M.T dan Dony Arius (ANDI OFFSET)
- http://suci_k.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.13/ M9-Help dan Dokumentasi.pdf